Pemkab Gowa Masih Kekurangan Tenaga Sertifikasi

Ket Gambar: Pembukaan pembukaan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahliaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Gedung Diklat Pemkab Gowa, Kamis (21/2). -Foto/Humas Gowa-

Sungguminasa—- Pemerintah kabupaten Gowa kekurangan tenaga bersertifikasi pengadaan/jasa pemerintah. Kondisi ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kab Gowa, H. Muh Yusuf Sommeng,” Pelatihan dan ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa pemerintah diadakan tiap tahunnya. Hal ini disebabkan Pemkab Gowa kekurangan tenaga sertifikasi, saat ini hanya tersedia 78 tenaga tersertifikasi,” jelasnya pada saat pembukaan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahliaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Gedung Diklat Pemkab Gowa, Kamis (21/2).

Pelatihan dan ujian sertifikasi indiikuti 100 peserta perwakilan dari semua SKPD dan perwakilan kecamatan Pemkab Gowa. Peserta akan mengikuti materi selama dua hari (21-22/2) sedangkan ujian akan berlangsung Sabtu (23/2). Pelatihan dan ujian ini dilaksanakan berdasarkan Standar Operasional Pelaksana (SOP) yang telah ditetapkan oleh LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) Republik Indonesia.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Kabag Administrasi Pembangunan, A. Idil Hafid, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman aparatur negara dalam tata cara pengadaan barang/jasa pemerintah. “ Sekaligus memenuhi amanat Peraturan Presiden No 54 Tahun 2010 tentang kewajiban bersertifikasi bagi Pejabat Pembuatn Komitmen dan Pejabat/Panitia Pengadaan barang/jasa.” Tegas A. Idil Hafid.

Kesempatan yang sama juga diharapkan oleh H. Muh Yusuf Sommeng agar peserta yang mengikuti kegiatan ini pelatihan dengan konsentrasi penuh.” Tingkat kesulitan dalam ujian sertifikasi ini memang tinggi, namun saya berharap 50 % dari peserta yang mengikuti ini ujian bisa lulus dan mendapatkan sertifikasi guna menambah tenaga sertifikasi yang ada saat ini,” harapnya dihadapan peserta.

Kegiatan tahunan ini membuktikan keseriusan Pemkab Gowa khusunya dalam upaya peningkatan kemampuan peningkatan Sumber Daya Aparatur Negara pengelola pengadaan barang/jasa di semua SKPD. Sehingga semua kegiatan pengadaan barang/jasa yang dilakukan pemkab Gowa bersifat efisien, efektif, transparan, bersaing, adil dan akuntabel. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 × 1 =