Pemkab Gowa Peringati Hari Otoda Ke-XIX

Media1
Ket.Gambar: Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin bertindak sebagai Inspektur Upacara Pada Peringatan Hari Otoda Ke-XIX di Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa memperingati Hari Otonomi Daerah (Otoda) Ke-XIX Tingkat Kabupaten Gowa di Kantor Bupati Gowa, Senin (27/4). Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan tersebut.

Peringatan Hari Otoda yang mengambil tema “Menghadirkan Pemerintahan Daerah yabg Demokratis dan Melayani Masyarakat dalam Mendorong Terbentuknya Daya Saing, Kreativitas dan Inovasi dengan Mengandalkan Kekhasan Daerah Demo Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat” ini diikuti para pejabat eselon II, III dan IV serta para PNS Lingkup Pemkab Gowa.

Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin yang membacakan Sambutan Seragam Menteri Dalam Negeri mengatakan, momentum regionalisasi yang ditandai dengan kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) memberikan peluang bagi setiap daerah untuk meningkatkan daya saing, dimana otonomi daerah menjadi faktor penguat bagi setiap daerah untuk bersaing di kancah regional Asia Tenggara.

“Saya ingin mengajak segenap pemerintahan daerah untuk merapatkan barisan dan bahu membahu menampilkan kunerja semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan publik guna mewujudkan masyarakat berdaya dan mandiri dalam menggapai kesejahteraan yang hakiki dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” seru Abbas Alauddin.

Abbas Alauddin menambahkan, otonomi daerah di 542 daerah otononom yang terdiri dari 34 provinsi, 415 kabupaten dan 93 kota dituntut untuk mengharmoniskan pemanfaatan berbagai sumber daya lokal dan kearifan daerah yang merefleksikan perlunya kesiapan kapasitas pengetahuan dan ketrampilan masyarakat, terutama bagi generasi muda yang pada 15-20 tahun mendatang menghadapi bonus demografi.

“Sinergitas perencanaan dan pembangunan di tingkat lokal dan nasional akan menjamin upaya kita mewujudkan berbagai program jangka menengah dan jangka panjang termasuk dalam menjadikan Indonrsia sebagai poros maritim dunia,” terang Wabup Gowa.

Wabup Gowa juga berpesan agar pada penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak di tahun 2015 ini dipersiapkan sebaik-baiknya terkait dengan penyediaan pendanaan, keamanan, ketertiban dan netralitas PNS sehingga pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara serentak dapat berjalan secara demokratis, lancar, tertib dan aman. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

42 + = 48