Penanaman Pohon Warnai Peringatan HLH Se-Dunia di Gowa

Hari Lingkungan Hidup
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melakukan penanaman pohon pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia. -foto/humas-

SUNGGUMINASA————–Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gowa, Senin(5/6).

Upacara diikuti Wakil Bupati Gowa, H. Abd. Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H. Muchlis, para pejabat eselon II, III dan IV serta para ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa.

Adnan membacakan sambutan seragam Menteri Lingkungan Hidup mengatakan, lingkungan atau alam memiliki arti sangat besar. “Lingkungan dan alam bisa dikatakan menentukan hidup manusia, karena fungsi-fungsi alam yang bekerja juga bagi manusia sekaligus menusia menjadi bagian dalam landscape ecology alam tersebut,” kata orang nomor satu di Gowa ini.

Adnan melanjutkan bahwa hal ini perlu diutarakan mengingat saat ini kita dihadapkan pada tantangan yang nyata dalam hal perlindungan lingkungan dan alam kita. Menata hubungan alam dan manusia bukan hanya sekedar pengelolaan sumberdaya alam untuk tujuan profit manusia, tetapi lingkungan dan alam kita membutuh perlindungan, sesuai dengan temanya, “Menyatu dengan Alam”.

“Tema ini mengajak kita untuk hadir bersama alam, menghargai pentingnya keselarasan antara manusia dengan alam demi kelangsungan hidup penghuni bumi dan keindahan alam, memperlakukan alam secara proporsional, tidak primitif hanya mau mengeruk keuntungannya saja, tetapi harus dalam perspektif perlindungan lingkungan,” jelas mantan anggota DPRD Sulsel.

Bupati Adnan juga menguraikan, rusaknya ekosistem hutan atau berkurangnya pepohonan akan mengubah siklus yang terjadi dan berdampak pada menurunnya jumlah ketersediaan air, baik dipermukaan maupun di dalam tanah. Demikian halnya dengan wisata alam, fenomena dan keindahan alam yang merupakan proses alam itu akan hilang jika ekosistem terganggu.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tingkat Kabupaten Gowa ini diwarnai dengan penanaman pohon di lingkungan Kantor Bupati Gowa oleh Bupati Gowa dan Wakil Bupati Gowa yang disaksikan langsung Sekda Gowa, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, H Lutfhi Latief dan jajaran ASN lingkup Pemkab Gowa.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

36 + = 45