Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo menyerahkan secara simbolis Beras Miskin (Raskin) kepada perwakilan masyarakat Kabupaten Gowa dan penyerahan hadiah kepada Kecamatan Parigi sebagai pengelola Raskin terbaik tahun 2010 pada hari Selasa (25/1) di Lapangan Kantor Bupati gowa pada apel pagi Pegawai Negeri Sipil Lingkup Pemkab.Gowa. Bupati Gowa sekaligus  melepas perdana penyaluran Raskin ke seluruh Kecamatan se-Kab.Gowa.

Setelah acara penyerahan dan pelepasan Raskin, dilaksanakan pula Sosialisasi Program Raskin Tahun 2011 Kab.Gowa yang bertempat di Baruga Krg.Pattingalloang,Kantor Bupati Gowa yang dibuka secara resmi oleh Bupati Gowa.
Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Gowa, Ketua DPRD Kab.Gowa, Wakapolresta Gowa, Para Asisten, Camat-camat Se-Kab.Gowa dan Para Pengelola Raskin, serta Kepala Perum Bulog Subdivre Makassar beserta Satker Raskin Kab.Gowa.

Bupati Gowa dalam sambutan pembukaan mengatakan, perlu adanya kesepakatan antara Bulog dan jajaran pemda ke bawah serta Kejaksaan dan Polresta dalam penyaluran Raskin kepada masyarakat apakah dalam bentuk liter atau kilogram (kg).

Bupati berharap agar para camat yang menghadiri sosialisasi ini wajib melakukan sosialisasi yang sama kepada kepala desa ke bawah dengan penjabaran yang sama karena selama ini masalah pendistribusian Raskin terjadi di jajaran kepala desa ke bawah sehingga tidak mengulang kesalahan seperti tahun 2010 yakni adanya tunggakan Raskin di beberapa kecamatan.

Kepala Perum Bulog Subdivre Makassar, Moh.Ishak Madjid dalam materinya menjelaskan, tujuan Raskin 2011 ini untuk mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran (RTS) melalui pemenuhan sebagaian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras. Sementara, sasaran Raskin 2011 yakni berkurangnya beban pengeluaran 17.488.007 RTS berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam mencukupi kebutuhan pangan beras, melalui pendistribusian beras bersubsidi sebanyak 180 kg/RTS/tahun atau setara dengan 15 kg/RTS/bulan dengan harga tebus Rp 1.600,- per kg netto di titik distribusi.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

× 6 = 36