Peragaan Busana Warnai HKG Ke-44 Tingkat Kabupaten Gowa

Peringatan HKG PKK Ke-44
Ketua TP PKK Kab Gowa, Priska Paramita Adnan menyerahkan piala Juara 1 Lomba Busana Daerah kepada Camat Somba Opu, Abdullah Sirajuddin. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-44 Tahun 2016 Tingkat Kabupaten Gowa yang berlangsung di Istana Tamalate, Senin (1/8) nampak berbeda dengan peringatan tahun sebelumnya. Peringatan HKG tahun ini diwarnai dengan lomba peragaan busana daerah yang diikuti para camat dan sekretaris camat (sekcam) se-Kabupaten Gowa.

Para camat dan sekcam dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa bersama pasangannya masing-masing berjalan layaknya seorang model yang berlenggak-lenggok di atas catwalk memperagakan busana adat daerah, yakni jas tutup bagi pria dan baju bodo bagi wanita diiringi lagu-lagu daerah Makassar, para dewan juri pun menilai langsung keluwesan dan keserasian busana yang mereka peragakan.

Lomba peragaan busana yang disaksikan langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL dan Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Ketua DPRD Kab Gowa, Anzar Zaenal Bate, Ketua TP PKK Kab Gowa, Priska Paramita Adnan dan Wakil Ketua TP PKK Kab Gowa, Hj Musadiah Rauf serta ratusan pengurus dan kader PKK se-Kabupaten Gowa ini disambut dengan antusias karena merupakan hal berbeda dari Peringatan HKG PKK sebelumnya.

Selain lomba peragaan busana, Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa juga melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya lomba 10 Program PKK, lomba administrasi PKK, lomba menu B2SA, lomba masak serba ikan dan bakti sosial berupa buka puasa dan pemberian santunan kepada kaum duafa di Kecamatan Manuju.

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan ketika membacakan Sambutan Seragam Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat mengatakan, setiap memperingati Hari Kesatuan Gerak PKk seperti ini, hendaknya juga dapat kita jadikan sebagai momentum untuk melakukan evaluasi yakni mengevaluasi terhadap hal-hal apa saja yang telah dilakukan oleh Tim Penggerak PKK selama setahun ini.

“Sebagai mitra kerja pemerintah, saya mengharapkan agar Tim Penggerak PKK senantiasa berkoordinasi dengan jajaran pemerintah dan pemerintah desa serta senantiasa menjalin relasi dan kemitraan dengan berbagai pihak untuk keberhasilan visi dan misi gerakan PKK,” pesan Priska dihadapan ratusan pengurus dan kader PKK se-Kabupaten Gowa.

Sementara itu, Bupati Gowa, yang juga selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa menghimbau kepada segenap pengurus Tim Penggerak PKK kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan agar memberikan perhatian khusus kepada Kelompok Dasawisma dan Posyandu sebagai wadah terdepan dan merupakan institusi yang sangat potensial.

“PKK adalah mitra kerja pemerintah, oleh karena itu PKK harus mengetahui apa yang menjadi program prioritas pemerintah, sehingga nantinya PKK dalam melakukan kegiatannya dapat sejalan dengan program pemerintah tersebut,” harap Adnan kepada segenap pengurus PKK.

Pada kesempatan ini, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL didampingi Wakil Bupati Gowa, Ketua DPRD Kab Gowa, Ketua TP PKK Kab Gowa dan Wakil Ketua TP PKK Kab Gowa menyematkan peniti emas dan menyerahkan penghargaan Adi Bakti Madya kepada Anggota Pokja 1 Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Hj Asnawati Firman dan Sekretaris Tim Penggerak PKK Kecamatan Pattalassang, Juliati atas pengabdian dan jasa-jasanya selama kurun waktu kurang lebih 20 tahun pada PKK kabupaten dan kecamatan.

Juara peragaan busana kategori camat juara 1, 2, 3 dan favorit masing-masing diraih oleh Camat Somba Opu, Pallangga, Bajeng dan Biringbulu. Sedangkan untuk kategori sekcam juara 1, 2, 3 dan favorit masing-masing diraih oleh Bontonompo Selatan, Bontomarannu, Pallangga dan Parangloe.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 45 = 48