Peserta Diklat PIM IV Pamerkan Rancangan Proyek Perubahan

Pameran Proyek Perubahan
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengunjungi langsung stand pameran Rancangan Proyek Perubahan Peserta Diklat PIM IV Kabupaten Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Sebanyak 40 peserta anggota Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat PIM) Tingkat IV Angkatan 12 Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar Seminar Rancangan Proyek Perubahan yang berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa.

Kepala Bidang Diklat, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Irawaty Sir Idar menjelaskan, kegiatan dalam bentuk pameran rancangan proyek perubahan ini merupakan salah satu penilaian bagi para peserta selama mengikuti Diklat PIM IV.

“Rancangan proyek perubahan yang dipamerkan terkait rancangan inovasi yang diciptakan oleh setiap orang peserta sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mereka pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing,” jelas Irawati sebagai penyelenggara kegiatan tersebut bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan.

Irawaty menambahkan, presentasi rancangan proyek perubahan diuji oleh penguji dari Badan Pengembangan SDM Sulsel dan Sekretaris Daerah Kabupaten Goww Gowa. “Proyek perubahan ini merupakan program yang sudah ada di OPD masing-masing tetapi lebih diperbaiki atau bahkan membuat inovasi baru dalam mendukung program kerja OPD masing-masing peserta,” tambahnya.

Salah satu peserta Diklat PIM IV dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Gowa, Hj Nurliah Muchlis membuat rancangan proyek perubahan yang diberi nama”Si Mantap” yang merupakan kepanjangan dari Sistem Pemantauan Standar Pelayanan.

“Dinas Penanaman Modal dan PTSP merupakan OPD baru yang belum memiliki standar operasional prosedur sehingga saya memilih merancang proyek ini agar dapat memantau dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan,” jelas Kepala Seksi Pemantauan dan Pengawasan Pelaksanaan Penanaman Modal Pada Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal ini.
Setelah penyelenggaraan pameran dan seminar rancangan proyek perubahan, para peserta akan kembali ke kampus untuk menyempurnakan rancangan proyek perubahan yang dibuat menjadi sebuah proyek perubahan yang akan diterapkan di OPD masing-masing.

Pameran rancangan proyek perubahan ini dipantau langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Dandim 1409/Gowa, Letkol INF Al Amin Sarwono, Kepala BKPSDM Kabupaten Gowa, H Chairul Natsir, Widyaiswara sekaligus penguji dari BPSDM Provinsi Sulsel, H Muh Sidik Salam.

Adnan sangat mengapresiasi rancangan proyek perubahan yang dibuat oleh para peserta dan berharap dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tupoksi di OPD masing-masing peserta sebagai inovasi baru dalam mendukung program pemerintahan dan pembangunan Pemerintah Kabupaten Gowa.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 × 1 =