Sekda Buka Pelatihan Penerapan Standarisasi Tata Kelola Simpan Pinjam KSP/USP

Pelatihan KUMKM
Sekda Gowa, H Muchlis membuka secara resmi sekaligus memberikan materi pada Pelatihan Peningkatan KUMKM. -foto/humas-

MAKASSAR—–Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis didampingi Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan, Mappasomba dan Asisten Bidang Administrasi Umum, Firman Djamaluddin membuka Pelatihan Penerapan Standarisasi Tata Kelola Simpan Pinjam KSP/USP di Hotel Prima, Makassar, Jumat (13/10).

H Muchlis menjelaskan, peningkatan perekonomian daerah berbasis pada potensi unggulan dan ekonomi kerakyatan harus dibarengi dengan strategi dan kebijakan yang berbasis potensi lokal melalui pemanfaatan sumber daya ekonomi melalui pengembangan komoditas daerah, pemberdayaan pelaku usaha kecil dan menengah dengan memperhatikan kelestarian lingkungan serta mendorong terwujudnya ketahanan pangan.

“Pengelola KUMKM dituntut untuk memiliki wawasan bisnis dan kewirausahan. Oleh sebab itu, Pengelola KUMKM yang ada di Gowa harus selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan SDM yang profesional karena dituntut kreatif, motivatif dan membangun kebersamaan antara pelaku KUMKM,” kata Muchlis dihadapan 45 orang peserta dari pelaku Koperasi Simpan Pinjam (KSP) / USP se-Kabupaten Gowa.

Melalui pelatihan yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gowa ini diharapkan kebersamaan dan memantapkan peran KUMKM dalam perekonomian di Kabupaten Gowa dan diberikan kekuatan dalam memperjuangkan pembangunan KUMKM.

“Para pelaku KUMKM perlu mengembangkan semangat kebersamaan dan kerjasama sesama pengelola koperasi dan UMKM untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap Koperasi dan UMKM ” harap mantan Kepala Bappeda ini.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 2 =