Sekda Gowa: Karang Taruna Harus Berperan dalam Pembangunan

Pelepasan Kontingen Karang Taruna
Sekda Gowa, H Muchlis menyerahkan bendera kontingen kepada Ketua Karang Taruna Kabupaten Gowa, Andy Azis Pieter. -foto/humas-

SUNGGUNINASA—-Karang taruna
Sebagai organisasi sosial pemuda yang ada di desa/kelurahan harus dapat mengambil peran dalam pembangunan daerah. Harapan ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis pada saat melepas Kontingen Karang Taruna Kabupaten Gowa. Pelepasan ini dalam rangka mengikuti Studi Karya Bakti Karang Taruna (SKBKT) dan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Jumat (23/9) pagi.

“Pemuda selalu tercatat sebagai penentu sejarah, pemuda yang tergabung dalam karang taruna Gowa juga diharapkan menorehkan sejarahnya. Mengambil peranan dalam pelaksanaan pembangunan di daerahnya di Gowa,” jelas Muchlis.

Lebih jauh Sekda Gowa ini juga menjelaskan kalau target RPJMD Kabupaten Gowa tahun 2025 menjadikan Gowa andalan di Sulawesi Selatan dan sejajar dengan daerah termaju di Indonesia. Karang taruna bisa berkontribusi dalam mendukung pemerintah mewujudkan target ini.

“Seperti misalnya Pemkab Gowa punya program satu desa/kelurahan satu UMKM unggulan nah Karang Taruna yang hadir di semua desa dan kelurahan di Gowa bisa membantu Pemkab mengenali dan mengembangkan UMKM sehingga menjadi UMKM unggulan,” urai mantan Kepala Bappeda Kabupaten Gowa ini memberi contoh.

Selain itu, Muchlis yang menggantikan Bupati Gowa yang sementara melaksanakan kunjungan kerja di Afsel berpesan agar Karang Taruna Gowa memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar, serta mengadopsi hal positif untuk dilakukan menjadi lebih baik.

Kepala Dinas Sosial, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Dinsosnakertrans) Kabupaten Gowa, H Syamsuddin Bidol menjelaskan bahwa kontingen Gowa akan memberangkatkan 150 peserta yang akan ikut di Wisata Permandian Alam Bantimurung Maros berlangsung (23-27/9). Kontingen akan ambil bagian dalam beragam lomba yaitu; olahraga, kesenian, lomba tradisional, pameran dan baksos.

Pada kesempatan ini juga Sekda Gowa menyematkan tanda peserta kepada Manager Kontingen, Irwan Hana dan menyerahkan bendera kontingen kepada Ketua Karang Taruna Kabupaten Gowa, Andy Azis Pieter.

Rombongan Karang Taruna Gowa akan bergabung dengan rombongan dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Sulsel untuk mengikuti pembukaan Studi Karya Bakti Karang Taruna (SKBKT) dan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (24/9). (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 9 = 27