Sekda Buka Lomba Tingkat III Pramuka Penggalang Se-Gowa

Pembukaan Lomba Tingkat III
Sekda Gowa, H Muchlis menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta Lomba Tingkat III Pramuka Penggalang Kwarcab Gowa. -foto/humas-

BAJENG—–Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis membuka secara resmi Lomba Tingkat III Regu Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Kabupaten Gowa Tahun 2016 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Cadika, Limbung, Kecamatan Bajeng, Senin (26/9).

Pembukaan lomba yang diisi dengan berbagai lomba ketrampilan kepramukaan sebanyak 38 jenis lomba ini ditandai dengan penyematan atribut peserta oleh Sekda Gowa, H Muchlis didampingi Ketua Kwarcab Gowa, H Mapparessa Tutu.

Ketua Panitia, H Munassir Beta menjelaskan, peserta yang ikut dalam lomba pramuka penggalang se-Kabupaten Gowa yang berlangsung hingga 1 Oktober mendatang ini sebanyak 20 regu pramuka yang terdiri dari 10 regu putra dan 10 regu putri. “Jumlah peserta keseluruhan sebanyak 185 orang yang terdiri dari penggalang 160 orang dan pembina/pendamping 25 orang,” jelas Munassir.

Sebanyak 10 Kwartir Ranting (Kwarran) turut serta dalam lomba ini diantaranya Kwarran Somba Opu, Pallangga, Bajeng, Parangloe, Parigi, Tombolopao, Tompobulu, Biringbulu, Pattalassang dan Bontomarannu. Sedangkan, kwarran yang tidak hadir adalah Kwarran Bajeng Barat, Bontonompo, Bontonompo Selatan, Barombong, Manuju, Bungaya, Bontolempangan dan Tinggimoncong.

Sekda Gowa, H Muchlis mengatakan, lomba ini diselenggarakan secara berjenjang mulai dari tingkat gugus depan sampai tingkat nasional berperan sebagau alat untuk mengukur mutu pembinaan dan pelatihan pramuka penggalang sehingga menjadi umpan balik program pembinaan selanjutnya.

“Lomba tingkat III pramuka penggalang juga menjadi stimulan dan memotivasi pramuka penggalang dan pembina pramuka dalam upaya meningkatkan kualitas dan mengevaluasi diri untuk mencapai prestasi terbaik,” kata Muchlis.

Sekda berharap, dengan lomba ini akan diperoleh regu terbaik yang dapat diandalkan mewakili Kwarcab Gowa pada tingkatan Lomba Tingkat IV Kwarda Sulawesi Selatan. “Saya berharap kita bisa membangkitkan derajat atau peringkat kemajuan pendidikan di Indonesia ini dalam tataran nasional,” pesan Muchlis kepada para peserta.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 33 = 35