Sekda Hadiri Sosialisasi Smartcity

Sosialisasi Smartcity
Manager Lintasarta, Baginda saat melakukan sosialisasi smartcity dihadapan Sekda Gowa, H Muchlis dan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis didampingi Asisten Administrasi Umum, Rostam Razak menghadiri Sosialisasi Smartcity yang dilaksanakan Lintasarta di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Senin (28/11).

Lintasarta merupakan perusahaan yang bergerak di bilang IT dan ICT dan merupakan anak cabang dari salah satu perusahan provider terbesar di Indonesia yaitu Indosat Oredoo.

Layanan Internet Akses Lintasarta di Gowa berpusat di Kantor Perpustakaan dan Pengolahan Data Elektronik (PDE) melalui Fiber Optic, Radio Warless dan Satelit untuk daerah yang tidak ada jaringan, sedangkan dalam pengembangan smartcity Lintasarta bekerjasama dengan IBM.

Manager Lintasarta, Baginda menjelaskan, sosialisasi tentang smartcity adalah upaya untuk mempercepat pelayanan publik melalui jaringan internet.

“Program smartcity yang menjadi program smart solusion yang ingin dikembangkan di Kabupaten Gowa yaitu E-Tax (Layanan Monitoring Transaksi Pajak ), Aplikasi Aduan ( Layanan Monitoring Aduan Masyarakat ) dan Internet Of Thing ( Layanan Sensor Analitics dalam hal ini seperti sistem pengontrol melalui Teknologi,” kata Baginda dihadapan Kepala Kantor PDE Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni dan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Lebih rinci Baginda menjelaskan gambaran umum program Lintasarta yakni Lintasarta Citizen Reporting memudahkan pelaporan an penanganan pelaporan dengan menyediakan aplikasi mobile untuk masyarakat dan pemerintah, mengintegrasikan berbagai channel pelaporan (social media, mobile apps, web) dari berbagai SKPD yang dilengkapi dengan sistem disposisi untuk penanganan laporan lapangan, terintegrasi dengan command center untuk memudahkan pemantauan KPI Dinas/Badan oleh Bupati serta rekomendasi bisnis proses baru dalam respon cepat penanganan laporan untuk masing-masing SKPD.

Sekda Gowa, H Muchlis menekankan kepada SKPD yang terkait tentang pengembangan Smartcity yang di sosialisasikan oleh Lintasarta segera merevitalisasi sistem yang ada di SKPD masing-masing dengan mengintegrasikan program ini untuk pengembangan dan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.(adi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 × 1 =