Somba Opu Membangun Budaya Baca dan Budaya Bersih

Mading Program KOTAKU
Wabup Gowa, H Abd Rauf Malaganni mengamati secara langsung majalah dinding di Kelurahan Tamarunang. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Budaya membaca dan budaya bersih menjadi target yang ingin dicapai oleh Kecamatan Somba Opu. Bekerjasama dengan Pemkab, Media Fajar dan Kotaku menggelar launching koran dinding Kotaku di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu, Jum’at (30/9) pagi.

Peresmian koran dinding yang dipasang di halaman Masjid Nurul Muk’minin Tamarunang dilakukan oleh Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni. Turut hadir Camat Somba Opu, Abdullah Sirajuddin, Direktur PT Media Fajar Koran, Faisal Syam, Wakil Direktur Produksi dan Pemasaran PT Media, Uslimin.

Wakil Bupati Gowa, dalam sambutannya mengatakan bahwa majalah dinding ini dipersembahkan untuk masyarakat. “Kehadiran mading akan membuka akses informasi ke masyarakat. Mempermudah masyarakat membaca koran terutama bagi mereka yang tidak mampu untuk berlangganan,” jelasnya.

Dengan membaca koran sekaligus akan meningkatkan minat baca. “Sejalan dengan minat baca maka target kita menjadikan kecamatan ini memiliki budaya baca dan budaya bersih,” tambah Abd Rauf Malaganni.

Faisal Syam sebagai perwakilan
Fajar mengatakan kerjasama ini sekaligus dalam rangka Peringatan HUT Fajar Ke-35 Tahun. “Persembahan Fajar bagi warga Gowa ini untuk memudahkan mengakses informasi yang Fajar berikan. Informasi yang dapat membuat masyarakat melek dan ikut berperan dalam pembangunan,” urainya.

Menurut Koordinator KOTAKU Gowa Maros, Nurliah Ruma melalui budaya membaca akan semakin membantu percepatan program Kotaku. “Dengan launching ini menumbuhkan gemar membaca warga, dengan media ini pun khususnya untuk membantu percepatan program Kotaku,” jelasnya.

Tamarunang menjadi proyek percontohan dan akan menyebar kesemua kelurahan yang ada di Kecamatan Somba Opu. Kecamatan ini sendiri saat ini sedang giat-giatnya menjadikan Kota Sungguminasa sebagai kota tanpa kumuh sekaligus mendukung Kabupaten Gowa sebagai kabupaten sehat.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 1