Tim Penilai Lomba Desa Kunjungi Desa Sunggumanai

Media4
Ket.Gambar: Kepala Desa Sunggumanai, Abd Rivai Rasyid menyerahkan daftar isisan penilaian kepada Sekretaris Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulsel, Rais Rahman. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Setelah melakukan kunjungan dan penilaian lomba desa dan kelurahan di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa kini giliran Desa Sunggumanai, Kecamatan Pattallassang yang dikunjungi oleh Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Tim penilai yang dipimpin oleh Sekretaris Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulsel, Rais Rahman diterima langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Gowa, H Sofyan Hamdi di Kantor Desa Sunggumanai, Kecamatan Pattallassang, Kamis (30/4).

Penerimaan tim penilai yang disambut dengan pasukan berkuda, tarian daerah dan angngaru ini turut dihadiri Kepala BPMPD Kab Gowa, H Abd Rauf, Ketua TP PKK Kab Gowa, Hj Novita Ichsan YL, Camat Pattallassang, Andi Sura Suaib, Kepala Desa Sunggumanai, Abd Rivai Rasyid, para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa dan para pengurus PKK Kab Gowa.

Sekretaris Tim Penilai, Rais Rahman menjelaskan penilaian perlombaan desa dan kelurahan dilakukan berdasarkan tingkat perkembangan desa dan kelurahan dua tahun terakhir, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan.

“Agenda terpenting dari penyelenggaraan lomba ini adalah mengukur capaian tingkat partisipasi masyarakat dalam wujud swadaya gotong royong masyarakat yang terimplementasi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga kemasyarakatan di desa dan kelurahan,” jelas Rais Rahman.

Rais Rahman menambahkan, terkait pelaksanaan penilaian ini berpesan kepada pemerintah daerah agar dapat terus dilanjutkan sebagai wujud perhatian terhadap perkembangan pembangunan desa dan kelurahan. “Kegiatan ini harus dipandang sebagai sarana mengevaluasi tingkat perkembangan desa dan kelurahan,” tambahnya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, H Sophian Hamdi berharap agar nantinya Desa Sunggumanai dapat lolos ke tingkat nasional mewakili Provinsi Sulsel. “Kami harap jajaran pemerintah Desa Sunggumanai dapat menerima masukan dan petunjuk yang bukan saja berkaitan dengan perlombaan desa dan kelurahan tetapi juga dari sektor lain.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 1 =