TP PKK Gowa Gandeng OJK Sulampua Berikan Literasi Pentingnya Pengelolaan Keuangan yang Baik

HUMASGOWA —- Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VI Sulawesi Maluku Papua (Sulampua) menggelar Edukasi Keuangan kepada TP PKK Desa dan Kelurahan. Kegiatan ini berlangsung di Living Plaza, Jalan Tun Abdul Razak, Selasa (27/6).

 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengedukasi TP PKK Kabupaten, Desa dan Kelurahan di Kabupaten Gowa untuk belajar tentang pengelolaan keuangan. Baik di tingkat keluarga maupun dalam struktur PKK itu sendiri.

 

Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK dan Kemitraan Pemerintah Daerah OJK Kantor Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua, Bondan Kusuma mengatakan, melihat peran serta perempuan yang cukup sentral sebagai manager keuangan dalam keluarga, maka penting edukasi keuangan ini dilaksanakan.

 

“Dengan ibu-ibu hadir di kegiatan ini kita sama-sama belajar bagaimana cara mengelola keuangan. Ketika catatan keuangan sudah rapi, dan membutuhkan tambahan modal, maka tidak sulit untuk mengelola bisnis atau usaha yang lebih berkembang lagi,” kata Bondan.

 

Lanjutnya, OJK juga akan menindaklanjuti kegiatan ini, dan OJK akan hadir di setiap kecamatan untuk menyampaikan sosialisasi dan edukasi seperti ini.

 

“Dengan hadirnya OJK di setiap kecamatan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi, diharapkan tingkat penggunaan dan pemahaman jasa keuangan atau literasi keuangan meningkat,” tuturnya.

 

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan yang juga didampingi Wakil Ketua TP PKK, Mussadiyah Rauf mengajak peserta agar fokus pada materi yang disampaikan oleh para pemateri. Mengingat materi ini penting bagi pengelolaan keuangan bagi anggota PKK yang memiliki UKM dan UMKM serta UP2K.

 

“Untuk UKM dan UMKM sendiri, buku kas itu merupakan hal atau administrasi yang penting dan wajib dimiliki, tapi banyak UKM dan UMKM yang dimiliki oleh tim penggerak PKK itu masih belum memiliki buku kas. Masih belum aware terhadap Bagaimana cara mengatur buku kas. Sehingga penting untuk kita fokus pada materi yang diberikan,” Kata Priska.

 

Selain itu, sebagai istri dan ibu tentunya para anggota PKK pasti membutuhkan cara bagaimana mengatur keuangan rumah tangga. Sehingga Priska meminta agar seluruh peserta bersama-sama aktif dalam kegiatan tersebut.

 

“Saya mohon ibu-ibu pada hari ini kita harus saling bergandengan tangan dan juga maju bersama-sama, karena kita bisa kuat kalau bersama-sama. Hari ini kita semuanya mau maju bersama, dan semuanya harus bisa ungkapkan pendapat pada edukasi keuangan hari ini, karena kita akan mendapatkan pengetahuan baru,” ujarnya dihadapan seluruh TP PKK Kabupaten, Kecamatan hingga desa/kelurahan.

 

Dengan kegiatan ini diharapkan para peserta mampu mengaplikasikan dan juga mensosialisasikan materi yang diberikan kepada keluarga dan kepada anggota PKK di desa dan kelurahan lain. (AF)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

+ 61 = 62