Wabup Gowa Apresiasi Program Pembangunan Sumur Bor TNI AD Manunggal Air

– Beri Manfaat Air Bersih ke Puluhan Kepala Keluarga di Pangajiang

HUMASGOWA—–Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni memberikan apresiasi terhadap gagasan program TNI AD yang menyiapkan air bersih bagi masyarakat Dusun Pangajiang, Desa Parigi, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Pasalnya melalui program TNI AD Manunggal Air yang merupakan Program Kepala Satuan Angkatan Darat (Kasad) ini mampu mengaliri 33 rumah keluarga dari 55 rumah yang ada. Dimana program air bersih ini dengan membangun sumur bor.

“Program ini merupakan wujud nyata kehadiran TNI untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat,” katanya disela-sela peresmian Sumur Bor TNI AD Manunggal Air, Kamis (13/4).

Olehnya, ia mengaku, melalui program ini merupakan bukti nyata kontribusi TNI kepada rakyat, khususnya masyarakat Desa Parigi, Kecamatan Tinggimoncong.

“Beberapa waktu yang lalu, TNI juga telah meresmikan sumur bor di Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu. Hal ini membuktikan bahwa program ini adalah program yang berkelanjutan sehingga hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat lebih luas,” kata Wabup Gowa.

Sementara itu, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso juga berterima kasih kepada Forkopimda Gowa atas partisipasi dalam program ini.

“Terima kasih atas kerjasama Forkopimda Gowa dan Forkopimda Mamuju sehingga bantuan Bapak Kasad dan dari dana PLN bisa menjadi bantuan bagi masyarakat,” kata Totok Imam.

Dirinya berharap kepada para Dandim di wilayah masing-masing kedepannya bisa secara berkala untuk merawat sumur bor ini agar bisa berkelanjutan.

“Saya harap para Dandim bisa melakukan pengawasan. Kemudian bisa dengan segera menyambungkan pipa ke rumah-rumah penduduk agar masyarakat bisa menikmati airnya,” ujar Totok Imam.

Ditemui terpisah, Kepala Dusun Pangajiang, Aruna Tahir Sibali mengatakan, sumur bor ini akan mampu mengairi 25 hingga 30 rumah dari dari total 50 rumah di Dusun Pangajiang.

Aruna menuturkan, program ini dimulai sejak 7 Maret hingga rampung 100 persen pada 1 April 2023.

Mewakili warganya, Aruna menilai program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Dusun Pangajiang, dan tentunya sangat membantu masyarakat dalam hal sanitasi, terlebih di musim kemarau nanti.

“Selaku kepala dusun dan masyarakat disini, kami berharap bantuan Sumur Bor yang dibangun ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, berkah dan membantu untuk meringankan masyarakat apabila pada musim kemarau nanti,” kata Aruna.

Aruna menyampaikan, selama ini masyarakat ketika dilanda kekeringan, mereka memanfaatkan air dari mata air sumur di belakang rumah warga yang ditempuh kurang lebih 200 meter.

“Kalau musim kemarau, untuk mendapatkan air kami warga dusun harus berjalan ke belakang rumah warga mengambil air dengan jarak 200 meter. Tapi kalau musim hujan begini, kami memanfaatkan dengan menadah air hujan,” jelasnya.

Peresmian Sumur Bor TNI AD Manunggal Air Bantuan Kasad di wilayah Kodam XIV Hasanuddin juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di Dusun Pangajiang ini dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Gowa, Rafiuddin, Dandim 1409 Gowa, Letkol Inf Muhammad Isnaeni Natsir, Kapolres Gowa, AKBP Reynold TS Simanjuntak, sejumlah SKPD terkait, Camat Tinggimoncong dan juga masyarakat Dusun Pangajiang, Desa Parigi, Kecamatan Tinggimoncong.(AF)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

7 × 1 =