Afsel Sambung Kembali Kerjasama dengan Gowa

Kunjungan Afsel
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saling bertukar cinderamata dengan Member of Parlaiment South Africa, Sheikh Shahid Esau. -foto/humas-

GOWA—–Pemerintah Afrika Selatan (Afsel) kembali menjajaki hubungan kerjasama bilateral dengan Pemerintah Kabupaten Gowa. Hal itu disampaikan   Member of Parliament South Afrika, Sheikh Shahid Esau saat menemui Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Rabu (3/5) pukul 12.00 Wita di Rujab Bupati Gowa, Jl Beringin, Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Gowa.

Penjajakan hubungan bilateral Afsel dan Pemkab Gowa di bidang pariwisata, perdagangan, investasi, dan budaya ini menurut Bupati Gowa, sangat positif sekali. Adnan pun mengemukakan bahwa hubungan kerjasama ini bukan yang pertama kali dan tidak hanya terbatas pada hubungan bilateral semata.

Namun antara Gowa dengan Afsel sangat banyak sejarah yang cukup menguatkan hubungan kedua daerah di dua negara berbeda ini. Salah satu penguat hubungan benang merah antar keduanya itu adalah keberadaan Syekh Yusuf Tuanta Salamaka, hal itu kembali dikemukakan Adnan di hadapan Member of Parliament South Afrika, Sheikh Shahid Esau.

Bupati Gowa mengatakan, untuk
meningkatkan kerjasama yang tadinya putus saat pemerintahan sebelumnya, maka putra Ichsan Yasin Limpo ini kemudian akan melanjutkan kerjasama itu kembali.

“Waktu itu pemerintah kabupaten telah menjajaki rumah kayu atau replika Balla Lompoa di area Pemakaman Syekh Yusuf di Afsel tapi tanpa diketahui apa penyebabnya, rencana itu terhenti. Sekarang kerjasama itu dijajaki kembali agar Balla Lompoa dapat dibangun kembali di pelataran makam Syekh Yusuf yang nantinya akan dijadikan perpustakaan. Keinginan tersebut bisa ditindaklanjuti untuk mempererat kembali hububgan antara Gowa dan Cape Town. Sehingga 10-20 tahun ke depan masyarakat kedua negara tidak lupa perjalanan dan perjuangn Syekh Yusuf di masa lampau,” jelas Adnan.

Perbincangan kedua pemimpin yang diterjemahkan Sekdis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa, Ratnawati ini turut dihadiri Direktorat Afrika Kementrian Luar Negeri RI, Artanto S Wargadinata, South Africa Enterprenuer, Fatieg Berhardin, Ketua DPRD Gowa, H Ansar Zaenal Bate, Sekkab Gowa, H Muchlis, Kadis Pariwisata, Sofyan Hamdi, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, Indra Setiawan Abbas, Kadis Pendidikan, Dr Salam, Kadis Perindag, Andi Sura Suaib, Kadis Penuda dan Olahraga, Muh Fajaruddin, serta Ketum BPC HIPMI Gowa, Omar Sahar.

Dalam bincang-bincang santai itu, Adnan meminta agar pada kedatangan perwakilan Afsel mendatang juga mengajak pengusaha-pengusaha Afsel ke Gowa agar dapat bersinergi dengan pengusaha-pengusaha di Gowa.

Rencananya, kedua pemerintah baik Pemkab Gowa maupun Afsel berencana mengembangkan layanan infrastruktur, mempermudah layanan intent untuk siswa agar lebih mudah belajar ekonomi. Dikatakan Sheikh Shahid Esau, salah satu penunjang perekomomian adalah transportasi sehingga pendistribusian barang pokok lebih mudah dan terjangkau.

“Mewakili pemerintah Cape Town, kami datang untuk menjelajahi kemungkinan kerjasama dan akan ditindaklanjuti dengan atase bisnis dari Afrika nanti. Kota yang kami tempati merupakan kota kedua tertinggi yang dikunjungi wisatawan dan akan sangat mendukung jika ada kerjasama bisnis. Karena itu kami berharap Bupati Gowa datang kembali ke Cape Town untuk menguatkan rencana tersebut,” kata Sheikh Shahid Esau.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 1 = 5