Bupati Terima Konjen RI di Afsel


Ket. Gambar : Bupati Gowa H Ichsan Yasin Limpo foto bersama Konjen RI di Afsel Sugie s Harijadi, Rektor Internasional Peace College South Afrika Dr Salie Abraham dan Peneliti asal Afsel Dr Ibrahim Roda. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa, Andi Rimba Alam Pangeran menerima kunjungan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Cape Town, Afrika Selatan, Sugie S Harijadi di Ruang Kerja Bupati, Jum’at (11/11).

Konjen RI di Afsel, Sugie S Harijadi menjelaskan, kami ingin bersilaturahmi dengan Bupati Gowa sekaligus ingin mengetahui lebih jelas tentang silsilah Kerajaan Gowa dan asal Pahlawan Syekh Yusuf Al-Makassary yang merupakan pahlawan dari Gowa. “Saya juga ingin mengundang Pak Bupati untuk ikut serta dalam Festival Budaya di Cape Town pada tahun 2012, sehingga masyarakat Cape Town yang masih keturunan Raja Gowa bisa mengenal lebih dekat tentang kebudayaannya sekaligus mempromosikan Kebudayaan Gowa,” ujarnya.

Kunjungan Konjen RI di Gowa didampingi pula oleh Rektor Internasional Peace College South Afrika Dr Salie Abraham, Peneliti asal Afsel Dr Ibrahim Roda, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Prov Sulsel Drs Suaib Mallombasi, beserta peneliti dari LIPI (Lembaga Pengetahuan Ilmu Indonesia), profesor dan dosen Universitas Hasanuddin Makassar.

Bupati Gowa H Ichsan Yasin Limpo menyambut hangat kunjungan ini dan menjelaskan mengenai silsilah Kerajaan Gowa yang merupakan salah satu kerajaan terbesar pada masanya. Bupati juga menambahkan bahwa replika Museum Istana Balla Lompoa juga akan dibangun di samping Makam Syekh Yusuf di Cape Town.

Rombongan ini telah mengisi Seminar “Menelusuri Sejarah Indonesia di Afrika Selatan : Peran Syekh Yusuf dalam Melawan Penjajahan di Afrika Selatan” di Gedung Iptek Kampus Unhas Tamalanrea kemarin. Selanjutnya mereka akan melakukan kunjungan ke Museum Istana Balla Lompoa dan Makam Syekh Yusuf.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 5 = 2