Gowa 10 Besar Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Terbaik;

Sungguminasa—– Pemerintah Kabupaten Gowa berhasil masuk dalam 10 (sepuluh) besar tingkat nasional sebagai Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) terbaik tahun 2012. Keberhasilan ini disampaikan saat penerimaan kunjungan tim nasional evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah (EPPD) terhadap data Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kab Gowa tahun 2012. Tim diterima langsung oleh Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo di Baruga Karaeng Pattingaloang, Kantor Bupati Gowa, Selasa (18/2).

Masuknya Kabupaten Gowa dalam jajaran10 besar merupakan yang pertama kalinya sekaligus menempatkannya sebagai satu-satunya kabupaten di luar pulau Jawa yang masuk dalam jajaran teratas ini menandingi 373 kinerja daerah lainnya. Keberhasilan ini sekaligus menunjukkan kinerja Pemerintah Kabupaten Gowa dalam tahun anggaran 2012 telah menunjukkan pencapaian yang baik terlihat dari keberhasilan mencapai target kinerja yang tertuang di dalam RKPD sebagai penjabaran tahunan dari RPJMD Kab Gowa tahun 2010-2015.

Menurut Kasubut Wilayah I Peningkatan Kapasitas Evaluasi Kinerja Daerah Ditjen Otda, Nur Wahyudi
kunjungan tim penilai ke daerah ini untuk verifikasi data terhadap hasil evaluasi LPPD. “Tujuan tim ini turun langsung ke daerah ini untuk melakukan pengecekan data di lapangan bukan untuk investigasi. Namun untuk melihat kondisi sebenarnya di lapangan yang bertujuan untuk memperkuat argumentasi, mendengar penjelasan secara langsung dan mendetail sekaligus mengamati kondisi riil di lokasi,” jelasnya memaparkan maksud kedatangan tim evaluasi dihadapan Bupati Gowa yang didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah merupakan salah satu kewajiban konstitusional yang merupakan bentuk pertanggung jawaban penyelenggaraan pemerintah daerah. Selanjutnya LPPD ini akan dievaluasi oleh pemerintah provinsi dan pemerintah pusat sebagai sebuah rangkaian Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) EKPPD dilakukan oleh evaluator yang terdiri wakil-wakil dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan, Bappenas, Lembaga Administrasi Negara, Badan Pusat Statistik, Badan Kepegawaian Negara, Sekretariat Militer, dan Sekretariat Kabinet.

Kedatangan tim evaluasi ini menurut Ichsan merupakan berkah bagi Kabupaten yang dipimpinnya. Pemaparan prestasi kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Kab Gowa tahun 2012. “Bagaimanapun hasilnya evaluasinya kelak menjadi 3 besar atau terbaik atau tetap diurutan 10 merupakan berkah bagi Gowa. Evaluasi ini akan menjadi masukan sekaligus motivasi bagi peningkatan kinerja Pemerintah Kabupaten Gowa guna mencapai tujuan penyelenggaraan otonomi daerah berdasarkan tata kelola pemerintah yang baik,” tambah orang nomor satu di Gowa ini.

Pencapaian penyelenggaraan pemerintah daerah Kabupaten Gowa memperlihatkan peningkatam dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Bidang pendidikan Pemkab Gowa berhasil menekan Angka Putus Sekolah (APS) dimana tahun 2012 jumlah APS jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA sudah tidak ada. Sedangkan, untuk angka melek huruf bagi penduduk usia 15 tahun ke atas telah mencapai 97,66%. Peningkatan mutu pendidikan juga tetap menjadi fokus dalam menciptakan sumber daya manusia berkualitas dengan beragam inovasi.

Keberhasilan ini juga dapat dilihat dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2011 berada pada angka 71,29 sedangkatan tahun 2012 sebesar 71,60 atau mengalami peningkatan indeks sebesar 0,31. Hal ini juga dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkatn jika tahun 2011, 6,20% menjadi 7,28 % di tahun 2012 capaian ini sekaligus menunjukkan kondisi perekonomian yang semakin baik (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

82 − 80 =