Gowa Terima DIPA Tahun Anggaran 2017

Penyerahan DIPA 2017
Gubernur Sulsel, H Syahrul Yasin Limpo menyerahkan DIPA Tahun Anggaran 2017 kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. -foto/humas-

MAKASSAR—–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Sulsel Tahun Anggaran 2017. Penyerahan dilakukan oleh Gubernur Sulsel, H Syahrul Yasin Limpo ke seluruh Kabupaten/Kota di Sulsel yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (15/12).

Dalam daftar alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2017, Kabupaten Gowa akan menerima Rp 1,3 trilliun, perinciannya sekitar Rp 1,2 trilliun untuk transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 100 milliar.

Berdasarkan data yang diperoleh, alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2017 yang diterima Provinsi Sulsel mencapai Rp 29,6 Triliun. Meningkat dibandingkan tahun 2016, yang hanya sebesar Rp 19,2 triliun, angka tersebut diluar alokasi dana APBN yang diterima lembaga dan instansi vertikal yang ada di Sulsel.

Gubernur Sulsel dalam sambutannya menekankan agar pemanfaatan dana ini secara maksimal. “Saya menekankan agar dana ini digunakan semaksimal mungkin bagi masyarakat,” jelasnya.

Syahrul mengakui kondisi perekonomian secara global kurang bagus namun hal ini tidak mengurangi pertumbuhan ekonomi Sulsel yang berada di angka 8,5%.

“Bupati dan Walikota di Sulsel hebat dan semua bekerja berkolaborasi dengan asistensi pihak terkait mendukung pencapaian pembangunan dan peningkatan perekonomian Sulsel,” tambah Gubernur Sulsel dua periode.

Tema penyerahan DIPA tahun anggaran 2017 adalah pengelolaan fisikal yang kredibilitas dan akuntabilitas untuk peningkatan daya saing, dan akselerasi pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulsel yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Menghadapi tahun anggaran 2017, Syahrul Yasin Limpo mengakui tantangan yang dihadapi cukup berat. Anggaran yang terbatas, perubahan struktur organisasi perangkat daerah serta penyusunan nomenklaturnya.

“Bupati dan Walikota mari kita kompak hadapi permasalahan ini. Tidak ada jalan mundur bagi kita, berbuat total untuk masyarakat. Daerah harus tiga kali lebih maju,” ajaknya optimis.

DIPA 2017 untuk Sulsel telah diserahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo didampingi Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla dan Menteri Keuangan Sri Mulyani ke Gubernur Sulsel di Istana Negara, Rabu (7/12) lalu.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 18 = 28