Gowa Tingkatkan Layanan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Puskesmas Rawat Inap Lauwa
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL melakukan peletakan batu pertama Puskesmas Rawat Inap Lauwa, Kecamatan Biringbulu. -foto/humas-

BIRINGBULU—–Pelayanan kesehatan merupakan salah satu fokus perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa. Memberi kesempatan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis sudah menjadi program pemerintah sejak 10 tahun yang lalu.

Saat ini dibawah era kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL dan Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni kebijakan tidak sekedar kesehatan gratis namun peningkatan akses layanan kesehatan kepada masyarakat Gowa. Salah satunya melalui peningkatan layanan Puskesmas sekaligus menjadi Puskesmas Rawat Inap.

Sehingga pada kunjungan kerja bupati bersama rombongan selama sepekan ini melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan ruang rawat inap dan UGD. Peletakan dilakukan Adnan di Puskesmas Lauwa, Kecamatan Biringbulu, Jum’at (13/5).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Hasanuddin peletakan ini sebagai simbol akan dilakukan pembangunan peningkatan layanan puskesmas. “Puskesmas Lauwa yang ada saat ini akan menjadi Puskemas rawat inap dilengkapi dengan UGD, kamar bersalin dan rawat inap untuk 10 tempat tidur,” jelasnya.

Menjadikan Puskesmas menjadi rawat inap untuk memudahkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat jelas Adnan. “Kesehatan gratis sudah menjadi program yang terus dipertahankan. Saat ini kita sekaligus fokus untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Salah satunya dengan menjadikan Puskesmas sebagai Puskesmas rawat inap. Tujuannya selain untuk mempercepat masyarakat Gowa mendapatkan layanan kesehatan untuk rawat inap. Sehingga  masyarakat yang membutuhkan rawat inap tidak perlu langsung ke RSUD Syekh Yusuf,” jelas bupati termuda di KTI ini.

“Kondisi ini sekaligus untuk mengurai pasien dan tidak bertumpuk di RSUD Syekh Yusuf. Bahkan nantinya kita akan membangun rumah sakit type C untuk mendukung layanan kesehatan gratis kita,” tambahnya.

Saat ini di Gowa sudah terdapat 24 Puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan yang ada di Gowa. Rencananya 5 puskesmas akan ditingkatkan menjadi Puskesmas rawat inap diantaranya Lauwa , Botolempangan, Manuju  dan Kanjilo.(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

32 − = 30