Ket Gambar: Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo menyerahkan Lencana Pancawarsa V dan IV kepada pembina pramuka Kwarcab Gowa. -Foto/ Humas Gowa-

Sungguminasa—- Bupati Gowa, H.Ichsan Yasin Limpo menyerahkan tanda penghargaan lencana pancawarsa V dan IV kepada delapan orang pembina pembina pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kab Gowa. Pemasangan lencana dan penyerahan sertifikat berlangsung dalam apel besar HUT Gerakan Pramuka ke 52 Tahun 2013 di Lapangan Discovery Syekh Yusuf Sungguminasa Kab Gowa, Kamis Pagi (14/8).

Para Pembina Pramuka Kwarcab Gowa yang meneriman lencana Pancawarsa V (lima) adalah Hj Wartiah, Hj Layang, Hj Normawati dan Andi Akbar Mursalim sedangkan penerima Pancawarsa IV ialah Hj Israwati Sallatu, Abd Azis, Abdul Talib, Andi Sukawati.

Penghargaan ini diberikan karena bantuan usaha, motivasi,kerja keras, dan ketekunan serta dedikasi yang diberikan oleh para majelis pembimbing, andalan, pelatih pembimbing, pembina pramuka dan pamong saka. Sehingga gerakan pramuka dapat berkembang dengan pesat dalam masyarakat mempunyai citra baik terhadap pramuka.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Kwartir Cabang Kab Gowa, H. Mapparessa Tutu, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab Gowa (Forkopimda), pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa serta pembina dan anggota pramuka Kab Gowa.

Ichsan Yasin Limpo dalam pembacaan sambutan tertulis ketua kwartir nasional gerakan pramuka menekannkan pentingnya pembentukan watak dan kepribadian.” Kewajiban bagi kita bersama dalam menyelenggarakan pendidikan kaum muda, tidak hanya menekannkan penguasaan ilmu pengetahun dan teknologi saja. Namun hal yang terpenting dari itu adalah pembentukan watak dan kepribadian. Pendidikan yang hanya menekankan penguasaan ilmu pengetahuan dan mengabaikan pembentukan watak dan kepribadian hanya menyesatkan” urainya di hadapan peserta upacara.

Gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal mempunyai peranan besar dalam membentuk kaum muda yang berkarakter, menanamkan semangat kebangsaan dan meningkatkan keterampilan. Pendidikan kepramukaan merupakan pilar pendidikan kaum muda Indonesia yang dituntut lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan bangsa dan bernegara terutama menyelesaikan masalah kaum muda saat ini.

“Mendorong gugus depan di tiap sekolah menjadi garda depan menggalakkan pendidikan kepramuka sebagai salah satu solusi membentuk karakter dan kepribadian bangsa,” jelas Bupati Dua Periode ini.

Dalam rangkaian HUT Gerakan Pramuka Ke 52 sekaligus HUT Proklamasi RI Ke 68 juga diadakan Jambore Kwartir Ranting Somba Opu selama seminggu di Jalan Tumanurung dimulai sejak (13/8) serta diikuti sekitar 40 SD di Kec Somba Opu.(*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

− 6 = 3