SUNGGUMINASA————— Dalam rangka penyusunan program pembangunan untuk tahun 2012 nantinya, Pemkab Gowa merencanakan akan melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan se Kabupaten Gowa yang akan berlangsung dari tanggal 22 s/d 24 Februari. Awal Musrenbang dilakukan pada enam kecamatan, masing-masing Sombaopu, Tinggimoncong, Pallangga, Bontomarannu, Biringbulu dan Bontonompo. Musrenbang ini dilaksanakan secara bergilir.

Kegiatan ini dihadiri para angota DPRD Gowa, para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab.Gowa Camat beserta jajaran Tripika Kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para anggota organisasi masyarakat.

Ketua Bappeda H. Baharuddin Mangka, mewakili Bupati Gowa, mengatakan, pelaksanaan Musrenbang Kecamatan yang dilakukan kali ini merupakan salah satu tahapan perencanaan pembangunan sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-undang No.25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, yang memiliki peranan penting dalam mengefektifkan dan mengoptimalkan proses perencanaan pembangunan di daerah ini. Musrenbang ini, katanya, adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari proses perencanaan pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan maupun pembangunan Nasional.

Dia juga, mengharapkan agar program/kegiatan yang dirumuskan melalui proses Musrenbang ini hendaknya mengacu pada tujuan dan prioritas pembangunan yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, baik dari aspek pendidikan, kesehatan maupun peningkatan daya beli masyarakat serta terwujudnya pemerintahan yang baik.

Masyarakat merupakan penggerak utama pembangunan, peranan pemerintah hanyalah sebagai koordinator, fasilitator dan simulator bagi lahirnya inisiatif-inisiatif penyelenggaraan pembangunan daerah. Musrenbang ini harus membuka ruang yang luas bagi partisipasi masyarakat yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan pembangunan yang ada di kecamatan agar mendukung terwujudnya Gowa yang handal dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan.(*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

96 − 95 =