Pansus D Majene Kunjungi Gowa

media2
Ket.Gambar: Kepada Disbudpar Kab Gowa, Andi Rimba Alam menyerahkan cinderamata kepada Asisten III Pemkab Majene, Fadlin FK. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Kabupaten Gowa sebagai kota bersejarah peninggalan Kerajaan Gowa menjadi tujuan kunjungan jajaran Pansus D DPRD Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

Pansus yang dipimpin langsung Ketua Pansus, Marzuki Nurdin dan didampingi oleh Asisten III Pemkab Majene, Fadlin FK bertujuan untuk mengetahui lembaga adat istiadat dan kebudayaan di Kabupaten Gowa.

Rombongan legislatif dan eksekutif ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kab Gowa, Andi Rimba Alam Pangerang di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Selasa (7/4).

Rimba Alam menjelaskan bahwa struktur Kerajaan Gowa sangatlah lengkap diantaranya Bate Salapang yang bertugas dalam transisi kepemimpinan dalam Kerajaan Gowa.

“Bate Salapang inilah yang mengesahkan sekaligus melantik Raja Gowa yang terpilih,” terang Kepala Disbudpar Kab Gowa ini.

Rimba Alam juga memperkenalkan kegiatan budaya yang setiap tanggal 17 pada tiap bulannya dilakukan Pemkab Gowa di Museum Istana Balla Lompoa. “Kami melakukan tradisi pergantian jaga pasukan tubarani tiap tanggal 17 yang telah berlangsung selama lima tahun,” tambahnya.

Kedua pemerintahan daerah inipun saling berbagi pengalaman dan informasi terkait kebudayaan dan pariwisata dari daerah masing-masing.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 3 =