Pemkab Gowa Uji Kompetensi

BKM

SUNGGUMINASA—–Sebanyak 59 orang pejabat eselon II dan III lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa yang terdiri dari kepala dinas, sekretaris dinas, kepala kantor dan kepala bagian mengikuti uji kompetensi lelang jabatan untuk menduduki jabatan eselon II.

Uji kompetensi ini merupakan pertama kali dilakukan di Kabupaten di Sulsel dan akan berlangsung selama 19 hari atau hingga tanggal 17 Maret 2015 mendatang yang diawali dengan Tes Tertulis yang berlangsung di Gedung Balai Diklat Kabupaten Gowa, Senin (23/2). Tes kompetensi selanjutnya adalah presentase terkait jabatan yang diminati.

Para pejabat yang mengikuti ujian tersebut akan diseleksi langsung oleh lima orang tim seleksi, yang terdiri dari dua orang internal dan tiga orang eksternal. Tim seleksi internal yaitu Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin dan Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Baharuddin Mangka. Sedangkan, tim seleksi eksternal yaitu Pakar Hukum dan Tata Negara, Prof Aminuddin Ilmar, Pakar Ilmu Sosial dan Politik, Adi Suryadi Culla dan Pakar Komunikasi Politik dan Pemerintahan, Arkam Azikin.

Ujian kompetensi di daerah ini pelaksanaannya kedua di Provinsi Sulawesi Selatan setelah Pemkot Makassar yang dibuka langsung oleh Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo. Saat pengarahan kepada peserta lelang jabatan Ichsan menjelaskan, ujian ini merupakan bukti keseriusan Pemkab Gowa dalam mengikuti aturan yang berlaku.

“Pemilihan pejabat Pemkab Gowa akan melalui proses ujian sesuai dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Kondisi ini sekaligus menghilangkan kecurigaan dari Pemerintah Pusat dan DPR atas kewenangan bupati dalam menetukan pejabat,”jelasnya.

Ichsan YL yang juga memantau langsung jalannya tes tertulis ini berpesan agar para pejabat eselon II jangan berkecil hati jika sekretarisnya ikut serta dalam proses ini. “Lelang jabatan ini adalah proses terbuka bagi para seluruh pejabat di Gowa. Semua yang memenuhi persyaratan secara administrasi diberi kesempatan untuk ikut serta,” tambah orang nomor satu di Gowa ini.

Ujian kompetensi bagi eselon II ini merupakan tahapan pertama dari Pemkab Gowa untuk mendapatkan posisi jabatan di eselon II. Kelak sesuai dengan amanat UU ASN semua jabatan eselon akan melalui ujian.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 73 = 78