Petani Butuh Rangsangan

Ichsan Kritik Penggunaan Pupuk Organik

BAJENG— Bupati Gowa, H Ihcsan Yasin Limpo mengatakan, untuk memacu peningkatan produksi pertanian ataukah mempertahankan surplus beras hingga 5,7 ton/ha perlunya diberikan rangsangan kepada para kelompok tani. Rangsangan ini tentu saja akan semakin menggairahkan kalangan petani sehingga mereka bisa survive untuk terus surplus.

“Kalau bupati mau diberikan penghargaan yah cukuplah selembar kertas dari Presiden, dan itu sudah luar biasa, tapi bagaimana memberikan perhatian kepada petani,; ujarnya, disela-sela musyawarah appalilii di Desa Tangke Bajeng Kec Bajeng (10/11).

Bupati juga mengkritik habis-habisan penggunaan pupuk anorganik (pupuk kimia,red) yang masih terus bertahan, padahal pola seperti ini tidak akan memberikan keuntungan yang cukup berarti bagi petani. Malah mantan anggota DPRD Sulsel ini menilai, terjadi kemunduran jika petani masih terus menggunakan pupuk anorganik dari tahun ke tahun. “Kan bagus kalau mereka gunakan pupuk anorganik menurun dari tahun ke tahun,”katanya.

Karena itu, katanya, sudah saatnya pemerintah mendorong masyarakat untuk kembali menggunakan pupuk organik selain berbiaya murah juga akan memberikan keuntungan yang cukup besar bagi kalangan petani.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 2 =