Ket.Gambar : Badan KB dan PP Kab Gowa menggelar Seminar Kesehatan menyambut Peringatan Hari Ibu ke-83 yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2011. -foto/humas-

SUNGGUMINASA— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar seminar kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Ibu yang Ke–83 sekaligus HUT Dharma Wanita Persatuan Kab Gowa Ke–12. Seminar bertemakan “Pemberdayaan Kesehatan dalam Meningkatkan Stabilitas Keluarga” ini diselenggarakan Kamis (15/12) di Ruang Rapat Wakil Bupati Gowa.

Pembukaan seminar dihadiri oleh Wakil Bupati Gowa H. Abd Razak Bajidu, S.Sos, MH, Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Gowa Hj. Novita Ichsan, Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Dra.Hj.Hafsah, Ketua Persit Gowa, Ketua Bhayangkari Gowa serta ormas perempuan.

Seminar yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan perempuan ini menghadirkan narasumber dari dunia kesehatan. Mereka adalah dokter ahli bedah tulang dan sendi dr. Notinas Horas, M.kes,Sp.OT dan dr. M. Tsani Musyafa. Narasumber banyak berbicara mengenai tulang dan permasalahannya.

“Banyak persepsi dalam masyarakat mengenai penanganan operasi ortopedi yang kurang tepat, kasus patah tulang tidak sekedar berurusuan dengan tulang, namun harus dipikirikan adalah bagaimana dengan struktur pendukung tulang di sekitar tulang yang patah seperti otot, pembuluh darah, pembuluh syaraf,tendo dan sendi.” jelas dr. Notinas Horas, M.kes,Sp.OT.

Ahli bedah tulang dan sendi ini juga meluruskan persepsi yang ada di masyarakat mengenai operasi bedah tulang.  Operasi pemasangan plat yang dilakukan oleh dokter ahli bukanlah terbuat dari besi namun dari titanium. Sehingga tidak akan terjadi kekaratan dan alergi. Juga tidak ada kaitannya antara pasang plat dengan petir.

Selain membahas masalah tulang, seminar juga menghadirkan dokter ahli kandungan, dr. Andi Fatimah, Sp.OG. Dokter ini mengajarkan peserta mengenai monopouse dan jangan takut memasuki salah satu fase yang harus dilewati oleh kaum ibu.(*)

 

 

 

 

 

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

29 − = 20