Wabup Lepas 484 Orang Jamaah Haji Gowa

Ket.Gambar : Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin menyerahkan bendera pelepasan kepada Ketua Khalifah Jamaah haji Kabupaten Gowa, H Muh Idris. -foto/humas-

SUNGGUMINASA——Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin melepas sebanyak 484 orang jamaah haji Kabupaten Gowa yang ditandai dengan penyerahan bendera pelepasan oleh Wakil Bupati Gowa kepada ketua khafilah jamaah haji Kabupaten Gowa, H Muh Idris.

Pelepasan yang dirangkaikan dengan Bimbingan Manasik Haji Akhir ini berlangsung di Gedung Haji Bate, Senin (2/9) dan turut dihadiri Kepala Kantor Kementrian Agama Kab Gowa, H Ahmad Muhajir, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementrian Agama Kab Gowa, H Jamaris beserta jajarannya, serta ratusan jamaah haji Kabupaten Gowa.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kab Gowa, H Ahmad Muhajir mengatakan, peserta bimbingan manasik haji akhir tingkat Kabupaten Gowa ini adalah jamaah haji sebanyak 484 orang setelah pemotongan kuota haji 20% “Awalnya kuota haji Kabupaten Gowa tahun 1434 H / 2013 M sebanyak 599 orang dimana 9 orang sudah haji, 22 orang tidak melunasi dan 89 orang tertunda akibat pemotongan 20% kuota haji, TPHD sebanyak 3 orang dan mutasi masuk sebanyak 2 orang,” paparnya.

Ahmad Muhajir menambahkan, tujuan dilaksanakan manasik haji ini untuk memberikan bimbingan dan pemahaman kepada para jamaah haji agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan nyaman sesuai dengan tuntunan agama serta jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji secara mandiri sehingga memperoleh haji mabrur.

Jamaah haji Kabupaten Gowa akan diberangkatkan dalam 3 Kelompok Terbang (Kloter) masing-masing, Kloter 6 sebanyak 83 orang yang akan bergabung dengan Papua Barat dan Palopo yang akan masuk asrama pada tanggal 13 September 2013 dan berangkat ke Jeddah pada tanggal 14 September 2013, Kloter 26 sebanyak 30 orang akan bergabung dengan Gorontalo yang akan masuk asrama pada tanggal 2 Oktober 2013 dan berangkat ke Jeddah pada tanggal 3 Oktober 2013 dan Kloter 29 sebanyak 370 orang yang akan masuk asrama pada tanggal 5 Oktober 2013 dan berangkat ke Jeddah pada tanggal 6 Oktober 2013.

Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin dalam sambutannya berpesan agar para jamaah haji menjaga kesehatan, kekompakan dan kebersamaan sehingga pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan lancar. “Setiap calon jamaah haji harus memasang niat yang tulus karena Allah SWT semata, kemudian menguasai manasik haji dan memelihara kesehatan fisik dalam upaya mencapai haji mabrur,” tambahnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

31 + = 36