Wabup Terima Peserta Benchmarking Pemprov Sultra

Media2
Ket.Gambar: Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin menyerahkan cinderamata kepada Kepala Badan Diklat Provinsi Sultra, Samudera Wasiri. -foto/humas-

SUNGGUMINASA——Sebanyak 35 orang peserta Benchmarking Diklat Kepemimpinan (PIM) Tingkat IV Angkatan III Lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dipimpin oleh Kepala Badan Diklat Provinsi Sultra, H Samudera Wasiri mengunjungi Kabupaten Gowa, Selasa (14/4).

Para pejabat eselon IV yang didampingi tujuh orang pendamping dan panitia tersebut diterima langsung Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin di Baruga Krg Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa. Turut pula hadir pada penerimaan rombongan ini Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kab Gowa, Rostam Razak, Kepala Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda (Dikorda) Kab Gowa, H Idris Faisal Kadir, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kab Gowa, Ismail Madjid, Wakil Direktur RSUD Syekh Yusuf Kab Gowa, Hj Rahmuniar dan para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Kepala Badan Diklat Provinsi Sultra, H Samudera Wasiri menjelaskan, tujuan yang ingin kami capai dari kegiatan ini adalah untuk menentukan kunci keberhasilan atau kiat-kiat dari organisasi yang paling unggul di Pemerintah Kabupaten Gowa sebagai daerah yang telah berhasil melaksanakan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan masyarakat.

Bahkan rombongan peserta Benchmarking akan bertugas selama empat hari di Gowa untuk mengambil data dan informasi pada instansi yang menjadi unggulan di Kabupaten Gowa. “Para peserta dibagi ke dalam tiga lokus Benchmarking yaitu RSUD Kabupaten Gowa, Dinas Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Gowa dan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Gowa,” terang Samudera Wasiri.

Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin mengatakan bahwa Kabupaten Gowa sering dijadikan lokus Benchmarking khususnya pada bidang unggulan seperti pendidikan yang menerapkan Program Pendidikan Gratis dan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB). “Secara nasional tahun ini SKTB berlaku namun hanya untuk tingkat SD,” kata Abbas.

Selain itu, bidang pengelolaan keuangan daerah juga menjadi unggulan karena Pemkab Gowa sudah tiga kali berturut-turut meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sulsel atas pengelolaan keuangan daerah dimana dua diantaranya merupakan WTP Tanpa Paragraf atau Clear and Clean dan menjadikan Kabupaten Gowa satu-satunya daetah di Indonesia yang meraih opini tersebut.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

92 − = 83