Wapres Canangkan Penanaman Bambu Nasional di Gowa

Pencanangan Penanaman Bambu Nasional
Wapres RI, HM Jusuf Kalla didampingi Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI canangkan penanaman bambu nasional di Gowa. -foto/humas-

PARANGLOE—-Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla mencanangkan penanaman bambu nasional di Kabupaten Gowa. Pencanangan tersebut dipusatkan di Kelurahan Lanna, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sabtu (10/9) pagi.

Turut hadir dalam pencanangan ini Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, Siti Nurbaya
Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, Gubernur Sulsel, H Syahrul Yasin Limpo, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL, anggota DPR RI Dapil Sulsel, para walikota dan bupati se-Sulsel, jajaran forum koordinasi pimpinan daerah Sulsel.

Gubernur Sulsel dalam sambutannya menghaturkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kehadiran Wapres RI di Sulsel khususnya di Kabupaten Gowa yang dijadikan lokasi penanaman bambu nasional.

“Kunjungan kali ini membawa amanah yang sangat besar bagi kami, terima kasih atas kehadiran bapak Wakil Presiden RI karena
untuk pertama kalinya di Sulsel khususnya di Kabupaten Gowa ini dicanangkan penanaman bambu nasional,” kata Syahrul.

Syahrul YL menambahkan, bambu merupakan tanaman yang sangat berarti karena mulai akar sampai daunnya sangat bermanfaat, belum diolah saja sudah bermanfaat apalagi setelah diolah.

“Bambu bisa menghasilkan segalanya dan semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. ini program yang luar biasa mengikat sungai-sungai agar tidak runtuh dan ini sangat baik, 100 juta bambu untuk Indonesia diawali 10 juta untuk Sulsel,” jelas orang nomor satu di Sulsel ini.

Wapres RI, sangat mendukung program nasional dalam upaya penghijauan ini. “Ukuran keberhasilan penghijauan adalah sungai, kalau sungai berwarna biru itu berarti berhasil. Kalau warnanya masih coklat berarti penghijauan tidak berhasil,” jelas Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla berharap program nasional ini dapat berjalan dengan baik melibatkan pemerintah dan masyarakat dengan menanam ratusan jenis bambu dan Indonesia memiliki jenis bambu yang baik. “Bambu melambangkan apa saja, salah satunya bambu runcing yang melambangkan kepahlawanan,” tandasnya.

Secara simbolis, Wapres RI menanam bibit bambu jenis pattung bersama Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Gubernur Sulsel dan Bupati Gowa.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 1 =