Seribu Pelajar Ikuti Lagaparaduta 2013

Ket.Gambar: Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin memasangkan tanda peserta kepada salah seorang perwakilan peserta Lagaparaduta. -foto/humas-

SUNGGUMINASA- Sebanyak seribuan lebih pelajar dari tingkat SD hingga SMA se Kabupaten Gowa mengikuti Latihan Gabungan Palang Merah Remaja Dua Tahunan (Lagaparaduta) 2013 yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Gowa di Lapangan Syekh Yusuf Discovery, Jum’at (8/11) sore.

Dalam Lagaparaduta tersebut, Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin membuka secara resmi yang ditandai dengan pemasangan bed lengan kepada dua perwakilan peserta dan simulasi peragaan kekuatan tandu yang dilakukan beberapa kelompok PMR.

Ketua Panitia Lagaparaduta, Andi Irwan Setiawan mengatakan, kegiatan ini merupakan latihan gabungan para anggota PMR (Palang Merah Remaja) yang dilakukan satu kali dalam dua tahun. Kegiatan ini menjadi wadah pembinaan mental dan fisik para anggota PMR yang telah terbentuk di sekolah-sekolah mulai tingkat SD, SMP hingga SMA.

Andi Irwan menambahkan, PMR sebagai relawan muda adalah aset bangsa sebagai tulang punggung organisasi dan sebagai agen perubahan untuk dapat berkontribusi secara profesional terhadap penguatan kapasitas organisasi PMI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. ”Lagaparaduta ini kita laksanakan selama empat hari hingga Senin, 11 November mendatang. Pada penutupan nanti akan dirangkaikan dengan pelantikan pengurus PMI Cabang Gowa,” tambahnya.

Sementara itu, Wabup Gowa, H Abbas Alauddin disela membuka Lagaparaduta ini mengatakan, PMI diharapkan terlibat aktif dalam melakukan penyuluhan terhadap berbagai masalah bidang kesehatan. PMI juga diharap dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat terhadap ancaman berbagai penyakit yang mengancam jiwa manusia.

”Semoga kegiatan Lagaparaduta ini akan menjadi wadah lahirnya PMR sejati yang mampu menjadi panutan di tengah pelajar lainnya,” kata wabup yang juga akan dilantik menjadi Ketua PMI Cabang Gowa pada Senin lusa. Wabup Gowa, H Abbas Alauddin sebagai Ketua PMI Cabang Gowa menggantikan H Idris Faisal Kadir yang kini telah menjadi unsur ketua di PMI Sulsel. (sar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 4